Sabtu, 21 April 2012

PEDOMAN STUDI LAPANGAN


PEDOMAN  STUDI LAPANGAN
EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
SEMESTER GASAL 2011/2012

A.     KETENTUAN UMUM
1.      Pengumpulan data dilakukan secara berkelompok selama dua kali pertemuan (21 dan 28 November).
2.      Sumber data berasal dari minimal 2 sekolah, dianjurkan sekolah almamater (salah satu) anggota kelompok pengambil data.
3.      Tim pengambil data agar membawa surat permohonan dan/atau surat tugas dari jurusan/fakultas (bila diperlukan).
4.      Bukti telah melaksanakan pengambilan data berupa (1) tanda tangan dan cap  lembaga pada surat tugas, (2) foto kegiatan wawancara, (3) rekaman wawancara, (4) biodata narasumber.

B.     KETENTUAN KHUSUS
1.      Tim pengambil data wajib meminta izin kepada Kepala Sekolah atau yang mewakili baik secara lisan maupun tertulis. 
2.      Menyampaikan maksud kunjungan, yaitu belajar evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra  Indonesia kepada guru bahasa Indonesia di sekolah sebagai upaya pendalaman materi perkuliahan evaluasi.
3.      Pengumpulan data dilakukan dengan pengumpulan dokumen evaluasi (pergunakan matrik daftar kelengkapan dokumen) dan wawancara dengan beberapa guru bahasa Indonesia dan beberapa siswa (pergunakan panduan wawancara).
4.      Hasil pengumpulan dokumen evaluasi, transkripsi hasil wawancara, dan bukti pelaksanaan pengambilan data dijilid dan dikumpulkan pada pertemuan 3-4 November 2011.










DAFTAR KELENGKAPAN INSTRUMEN EVALUASI

Berikan tanda centang (V) pada sel yang sesuai dengan dokumen yang didapatkan!

N0
JENIS INSTRUMEN
BENTUK  INSTUMEN
KELENGKAPAN INSTRUMEN
KISI2
SOAL
KUNCI
JAWABAN
KET
A.
PENILAIAN INTERNAL






1.      Ulangan Harian
Tes tertulis
1.     Pilihan





2.      Uraian





Tes perbuatan
1.      Unjuk kerja





2.      Proyek





3.      Produk





Nontes





2.    UTS
Tes tertulis
1.      Pilihan





2.    Uraian





3.      UAS
Tes tertulis
1.      Pilihan






2.    Uraian





2.      UKK
Tes tertulis
3.      Pilihan






2.    Uraian





B.
PENILAIAN EKSTERNAL







1.      Ujian Sekolah
Tes tertulis
1.    Pilihan





2.    Uraian





Tes perbuatan
1. Unjuk kerja





2.      Proyek





3.      Produk





Nontes





2. Ujian Nasional
Latihan UN
1.      Pilihan Ganda
2.      Soal UN






C.     Pokok-Pokok Wawancara
Nara sumber: Guru Bahasa Indonesia
  1. Bagaimana proses dan suasana pelaksanaan evaluasi (UAS, Latihan UN)?
  2. Bagaimana sekolah/guru membantu mempersiapkan siswa menghadapi UN/UASBN?

Nara sumber: siswa
1.      Bagaimana Anda mempersiapkan diri menghadapi ujian (Ulangan kenaikan kelas/UN/UASBN)
2.      Bagaimana perasaan Anda ketika mengikuti ujian?
3.      Bagaimana perasaan Anda ketika menerima hasil ujian?