PEDOMAN STUDI LAPANGAN
EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN
SASTRA INDONESIA
SEMESTER GASAL 2011/2012
A. KETENTUAN
UMUM
1.
Pengumpulan
data dilakukan secara berkelompok selama dua kali pertemuan (21 dan 28
November).
2.
Sumber
data berasal dari minimal 2 sekolah, dianjurkan sekolah almamater (salah satu)
anggota kelompok pengambil data.
3.
Tim
pengambil data agar membawa surat permohonan dan/atau surat tugas dari
jurusan/fakultas (bila diperlukan).
4. Bukti telah melaksanakan
pengambilan data berupa (1) tanda tangan dan cap lembaga pada surat tugas, (2) foto kegiatan
wawancara, (3) rekaman wawancara, (4) biodata narasumber.
B. KETENTUAN
KHUSUS
1.
Tim
pengambil data wajib meminta izin kepada Kepala Sekolah atau yang mewakili baik
secara lisan maupun tertulis.
2.
Menyampaikan
maksud kunjungan, yaitu belajar evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kepada guru bahasa Indonesia di
sekolah sebagai upaya pendalaman materi perkuliahan evaluasi.
3.
Pengumpulan
data dilakukan dengan pengumpulan dokumen evaluasi (pergunakan matrik daftar
kelengkapan dokumen) dan wawancara dengan beberapa guru bahasa Indonesia dan
beberapa siswa (pergunakan panduan wawancara).
4.
Hasil
pengumpulan dokumen evaluasi, transkripsi hasil wawancara, dan bukti
pelaksanaan pengambilan data dijilid dan dikumpulkan pada pertemuan 3-4
November 2011.
DAFTAR KELENGKAPAN INSTRUMEN
EVALUASI
Berikan tanda centang (V) pada sel yang sesuai
dengan dokumen yang didapatkan!
N0
|
JENIS
INSTRUMEN
|
BENTUK INSTUMEN
|
KELENGKAPAN INSTRUMEN
|
||||
KISI2
|
SOAL
|
KUNCI
|
JAWABAN
|
KET
|
|||
A.
|
PENILAIAN INTERNAL
|
|
|
|
|
|
|
1. Ulangan
Harian
|
Tes tertulis
1. Pilihan
|
|
|
|
|
|
|
2. Uraian
|
|
|
|
|
|
||
Tes perbuatan
1. Unjuk
kerja
|
|
|
|
|
|
||
2. Proyek
|
|
|
|
|
|
||
3. Produk
|
|
|
|
|
|
||
Nontes
|
|
|
|
|
|
||
2. UTS
|
Tes tertulis
1. Pilihan
|
|
|
|
|
|
|
2. Uraian
|
|
|
|
|
|
||
3. UAS
|
Tes tertulis
1. Pilihan
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Uraian
|
|
|
|
|
|
|
2. UKK
|
Tes tertulis
3. Pilihan
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Uraian
|
|
|
|
|
|
|
B.
|
PENILAIAN EKSTERNAL
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Ujian
Sekolah
|
Tes tertulis
1. Pilihan
|
|
|
|
|
|
2. Uraian
|
|
|
|
|
|
||
Tes perbuatan
1. Unjuk kerja
|
|
|
|
|
|
||
2. Proyek
|
|
|
|
|
|
||
3. Produk
|
|
|
|
|
|
||
Nontes
|
|
|
|
|
|
||
2. Ujian Nasional
|
Latihan UN
1. Pilihan
Ganda
2. Soal
UN
|
|
|
|
|
|
C. Pokok-Pokok
Wawancara
Nara
sumber: Guru Bahasa Indonesia
- Bagaimana proses dan suasana pelaksanaan
evaluasi (UAS, Latihan UN)?
- Bagaimana sekolah/guru membantu mempersiapkan
siswa menghadapi UN/UASBN?
Nara
sumber: siswa
1. Bagaimana Anda mempersiapkan diri
menghadapi ujian (Ulangan kenaikan kelas/UN/UASBN)
2.
Bagaimana
perasaan Anda ketika mengikuti ujian?
3. Bagaimana perasaan Anda ketika
menerima hasil ujian?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar