Minggu, 08 April 2012

Media Pembelajaran


1.    Pengertian Media Pembelajaran
Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Sedangkan pembelajaran adalah usaha guru untuk menjadikan siswa melakukan kegiatan belajar. Dengan demikian media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi dari guru ke siswa sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa dan pada akhirnya dapat menjadikan siswa melakukan kegiatan belajar.
Media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa). Sebagai penyaji dan penyalur pesan, media belajar dalam hal-hal tertentu bisa mewakili guru menyajiakan informasi belajar kepada siswa. Jika program media itu didesain dan dikembangkan secara baik, maka fungsi itu akan dapat diperankan oleh media meskipun tanpa keberadaan guru.

2.    Kriteria dan Prinsip Pemilihan  Media Pembelajaran Membaca
a.      Fungsional
Media pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang benar-benar fungsional dalam arti cocok dengan tujuan pembelajaran dan benar-benar berfungsi untuk menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran.
b.      Tersedia
Artinya, pada saat Anda perlukan dalam pembelajaran, media itu dapat Anda dapatkan.
c.       Murah
Media pembelajaran yang Anda gunakan untuk melatih siswa berbahasa dan bersastra tidak harus yang mahal. Pada dasarnya segala sesuatu yang ada di lingkungan siswa, di lingkungan sekolah, dan di lingkungan Anda dapat Anda gunakan untuk media pembelajaran bahasa dan sastra.
d.      Menarik
Artinya, media pembelajaran yang Anda gunakan dalam pembelajaran Anda adalah media yang menarik bagi siswa sehingga siswa termotivasi untuk terlibat dalam proses pembelajaran Anda secara lebih inten.

3.    Manfaat Media Pembelajaran
Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. Sedangkan secara lebih khusus manfaat media pembelajaran adalah:
§  Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan
§  Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
§  Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
§  Efisiensi dalam waktu dan tenaga
§  Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
§  Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
§  Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
§  Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif

4.     Karakteristik Media Pembelajaran
  • Media Transparansi
  • Media Audio
  • Media Slide (Film Bingkai Suara)
  • Media Video
  • Media CD Multimedia Interaktif
  • Internet
Setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pemilihan media disesuaikan dengan kebutuhan (tujuan, sasaran, sarana, biaya, dan waktu pembuatannya).
  K arakteristik Media Transparansi Overhead Tranparancy (OHT) merupakan per angkat lunak/software sedangkan perangkat kerasnya/ hardware adalah Overhead Projector (OHP). Selanjutnya Overhead Tranparancy (OHT) akan kita sebut dengan istilah “tranparansi”. Transparansi adalah lembar bening/plastik tembus pandang yang berisi pesan, penjelasan atau pelajaran yang akan disampaikan penyaji baik berupa tulisan maupun gambar. Ukuran dalam 24,5 cm x 19 cm, luar 30,5 cm x 27 cm.
  K arakteristik Media Transparansi
  • Penggunaannya praktis
  • Mempunyai variasi teknik
  • Tahan lama/tidak mudah rusak
  • Tidak memerlukan ruang gelap
  • Mudah dioperasikan, sehingga tidak perlu operator
  • Dapat disajikan berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan
  • Waktu penyajian dapat bertatap muka dengan peserta didik
  • Dapat disiapkan sendiri oleh guru
Kelebihan media transparasi antara lain.
  K arakteristik Media Transparansi
  • Memerlukan listrik
  • Memerlukan peralatan khusus untuk menampilkan yaitu Overhead Projector (OHP)
  • Memerlukan panataan yang khusus
  • Memerlukan kecakapan khusus dalam pembuatan
  • Menuntut cara kerja yang sistematis karena susunan urutan mudah kacau
Kekurangan media transparasi antara lain.
  K arakteristik Media Audio Media audio adalah media yang menguta makan indra pendengaran. Pesan-pesan yang ak an disampaikan dapat dituangkan kedalam lambang-lamabang auditif, baik verbal (kata-kata) maupun non verbal (sound effect). Yang termasuk media audio antara lain radio dan kaset audio. Program audio (kaset) teramsuk salah satu media yang sudah memasyarakat hingga tingkat pedesaan.
  K arakteristik Media Audio
  • Materi tak akan berubah
  • Biaya produksi relatif murah
  • Peralatan paling murah dibanding dengan media lainnya
  • Program kaset dapat disajikan di luar sekolah (wawancara, rekaman kegiatan, dll)
  • Rekaman dapat dihapus dan kaset dapat dipakai ulang
  • Penyajian sepenuhnya dikontrol penyaji
Kelebihan media audio antara lain. Kelemahan media transparasi antara lain.
  • Daya jangkau terbatas (beda dengan radio)
  • Pengadaan, penggandaan, pendistribusian sedikit bisa mahal
  K arakteristik Media Slide Media slide terdiri dari film aktachrome ( positif) berukuran 35 mm dipotong satu persatu dan diberi bingkai (2 x 2 inchi) yang terbuat dari karton atau plastik. Karena itu media slide disebut film bingkai suara. Program slide disajikan dengan slide projector yang dipadukan dengan suara yang menyertainya. Penyajian program slide bersifat klasikal.
  K arakteristik Media Slide
  • Tahan lama
  • Guru sebagai nara sumber dan operator
  • Berwarna dan bersuara sehingga menarik
  • Dapat ditampilkan berulang-ulang
Kelebihan media slide antara lain. Kelemahan media slide antara lain.
  • Pembuatan memerlukan keterampilan khusus
  • memerlukan peralatan khusus (slide projector) dalam penyajiannya;
  • perlu ketelitian dalam penyiapan penyajiannya karena gambar sering keliru urutanya/tertukar atau terbalik.
  K arakteristik Media Video Media video atau media audio visual yang menampilkan gerak saat ini semakin dikenal di kalangan masyarakat. Media ini berupa rekaman pada pita magnetic melalui kamera video. Meskipun media video hampir sama dengan media film dalam karakteristiknya, tetapi tidak dapat menggantikan film karena baik video maupun film mempunyai kelebihan dan kelemahannya. Out put pada saat ini dapat berupa video kaset, VCD maupun DVD.
  K arakteristik Media Video
  • Mengutamakan objek yang bergerak.
  • Berwarna, bersuara, dan didukung oleh efek suara maupun visual.
  • Dapat menyajikan animasi apabila perlu menyajikan suatu proses.
  • Mudah menyajikannya.
  • Tidak memerlukan ruang gelap
Kelebihan media video antara lain. Kelemahan media video antara lain.
  • Perlu peralatan khusus untuk penyajiannya
  • Perlu tenaga listrik
  • Perlu kerja tim dan keahlian khusus dalam pembuatannya
  K arakteristik CD Multimedia Interaktif
  • Multimedia berasal dari kata “multi” (banyak) dan “media”, sehingga mutimedia dapat diartikan sebagai gabungan dari berbagai media.
  • Program pembelajaran terdiri dari berbagai media yang disusun secara utuh, terintegrasi, dan mempunyai tujuan pembelajaran.
  • Jenis media antara lain: Teks/huruf, Audio, Video, Grafis, Animasi, Simulasi.
Pengertian:
  K arakteristik CD Multimedia Interaktif
  • Bersifat fleksibel (dapat memilih materi maupun penggunaan waktu)
  • Bersifat self-pacing (kecepatan belajar tiap individu berbeda)
  • Bersifat content-rich (menyediakan informasi yang cukup banyak/ pengkayaan)
  • Bersifat interaktif (komunikasi dua arah, ada respon/feedback)
  K arakteristik CD Multimedia Interaktif
  • Interaktif
  • Individual
  • Fleksibel
  • Cost effectiveness
  • Motivasi
  • Umpan balik
  • game/simulasi
  • Kontrol ada pada pengguna
  • Soal-soal
  • Animasi, video, musik, audio, ilustrasi, dll
Kelebihan CD Multimedia Interaktif
  K arakteristik CD Multimedia Interaktif Kekurangan CD Multimedia Interaktif
  • Hanya akan berfungsi untuk hal-hal sebagaimana yang telah diprogramkan
  • Memerlukan peralatan (komputer) multimedia
  • Perlu kemampuan pengoperasian, untuk itu perlu ditambahkan petunjuk pemanfaatan
  • Pengembangannya memerlukan adanya tim yang profesional
  • Pengembangannya memerlukan waktu yang cukup lama
  • Tidak punya sentuhan manusiawi
  K arakteristik Media Internet Media Internet merupakan media komunikasi berupa data, gambar, teks, video, maupun suara melalui jaringan komputer yang berskala internasional. Pengguna perlu memiliki identitas khusus, misal alamat IP (internet protocol). Protokol adalah tata cara jaringan berkomunikasi. Protokol ini, secara resmi dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), merupakan cara standar untuk mempaketkan dan mengalamatkan data komputer (sinyal elektronik) sehingga data tersebut dapat dikirim ke komputer terdekat atau keliling dunia dan tiba dalam waktu yang cepat tanpa rusak atau hilang.
  K arakteristik Media Internet
  • Berskala internasional
  • Mudah untuk mengirim dan menerima data
  • Individual
  • Fleksibel
  • Cost effectiveness untuk informasi yang didapat
  • Motivasi
  • Mendapat data berupa teks, video, audio, maupun gambar
Kelebihan media internet Kekurangan media internet
  • Perlu listrik
  • Perlu jaringan khusus
  • Lambat mendapat informasi kalau pemakai banyak



Sumber:
Mustikasari, Ardiani. 2008. Mengenal Media Pembelajaran. www.edu-articles.com
Sudrajat, Ahmad. 2007. Pemanfaatan Media Pembelajaran. www.slideshare.net.