1.
Pengertian Media
Pembelajaran
Media
adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi
kepada penerima informasi. Sedangkan pembelajaran adalah usaha guru untuk
menjadikan siswa melakukan kegiatan belajar. Dengan demikian media pembelajaran
adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi dari
guru ke siswa sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat
siswa dan pada akhirnya dapat menjadikan siswa melakukan kegiatan belajar.
Media
pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu meliputi
alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar
ke penerima pesan belajar (siswa). Sebagai penyaji dan penyalur pesan, media
belajar dalam hal-hal tertentu bisa mewakili guru menyajiakan informasi belajar
kepada siswa. Jika program media itu didesain dan dikembangkan secara baik,
maka fungsi itu akan dapat diperankan oleh media meskipun tanpa keberadaan
guru.
2. Kriteria
dan Prinsip Pemilihan Media Pembelajaran
Membaca
a. Fungsional
Media
pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang benar-benar fungsional
dalam arti cocok dengan tujuan pembelajaran dan benar-benar berfungsi untuk
menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran.
b. Tersedia
Artinya, pada saat Anda perlukan dalam pembelajaran, media itu dapat Anda dapatkan.
c. Murah
Media
pembelajaran yang Anda gunakan untuk melatih siswa berbahasa dan bersastra
tidak harus yang mahal. Pada dasarnya segala sesuatu yang ada di lingkungan
siswa, di lingkungan sekolah, dan di lingkungan Anda dapat Anda gunakan untuk
media pembelajaran bahasa dan sastra.
d. Menarik
Artinya,
media pembelajaran yang Anda gunakan dalam pembelajaran Anda adalah media yang
menarik bagi siswa sehingga siswa termotivasi untuk terlibat dalam proses
pembelajaran Anda secara lebih inten.
3. Manfaat
Media Pembelajaran
Secara
umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru
dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien.
Sedangkan secara lebih khusus manfaat media pembelajaran adalah:
§ Penyampaian
materi pembelajaran dapat diseragamkan
§ Proses
pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
§ Proses
pembelajaran menjadi lebih interaktif
§ Efisiensi
dalam waktu dan tenaga
§ Meningkatkan
kualitas hasil belajar siswa
§ Media
memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
§ Media
dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
§ Mengubah
peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif
4. Karakteristik Media Pembelajaran
- Media
Transparansi
- Media
Audio
- Media
Slide (Film Bingkai Suara)
- Media
Video
- Media
CD Multimedia Interaktif
- Internet
Setiap media
mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pemilihan media disesuaikan dengan
kebutuhan (tujuan, sasaran, sarana, biaya, dan waktu pembuatannya).
K arakteristik Media Transparansi Overhead
Tranparancy (OHT) merupakan per angkat lunak/software sedangkan perangkat
kerasnya/ hardware adalah Overhead Projector (OHP). Selanjutnya Overhead
Tranparancy (OHT) akan kita sebut dengan istilah “tranparansi”. Transparansi
adalah lembar bening/plastik tembus pandang yang berisi pesan, penjelasan atau
pelajaran yang akan disampaikan penyaji baik berupa tulisan maupun gambar.
Ukuran dalam 24,5 cm x 19 cm, luar 30,5 cm x 27 cm.
K arakteristik Media Transparansi
- Penggunaannya
praktis
- Mempunyai
variasi teknik
- Tahan
lama/tidak mudah rusak
- Tidak
memerlukan ruang gelap
- Mudah
dioperasikan, sehingga tidak perlu operator
- Dapat
disajikan berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan
- Waktu
penyajian dapat bertatap muka dengan peserta didik
- Dapat
disiapkan sendiri oleh guru
Kelebihan media
transparasi antara lain.
K arakteristik Media Transparansi
- Memerlukan
listrik
- Memerlukan
peralatan khusus untuk menampilkan yaitu Overhead Projector (OHP)
- Memerlukan
panataan yang khusus
- Memerlukan
kecakapan khusus dalam pembuatan
- Menuntut
cara kerja yang sistematis karena susunan urutan mudah kacau
Kekurangan media
transparasi antara lain.
K arakteristik Media Audio Media audio adalah
media yang menguta makan indra pendengaran. Pesan-pesan yang ak an disampaikan
dapat dituangkan kedalam lambang-lamabang auditif, baik verbal (kata-kata)
maupun non verbal (sound effect). Yang termasuk media audio antara lain radio
dan kaset audio. Program audio (kaset) teramsuk salah satu media yang sudah
memasyarakat hingga tingkat pedesaan.
K arakteristik Media Audio
- Materi
tak akan berubah
- Biaya
produksi relatif murah
- Peralatan
paling murah dibanding dengan media lainnya
- Program
kaset dapat disajikan di luar sekolah (wawancara, rekaman kegiatan, dll)
- Rekaman
dapat dihapus dan kaset dapat dipakai ulang
- Penyajian
sepenuhnya dikontrol penyaji
Kelebihan media
audio antara lain. Kelemahan media transparasi antara lain.
- Daya
jangkau terbatas (beda dengan radio)
- Pengadaan,
penggandaan, pendistribusian sedikit bisa mahal
K arakteristik Media Slide Media slide
terdiri dari film aktachrome ( positif) berukuran 35 mm dipotong satu persatu
dan diberi bingkai (2 x 2 inchi) yang terbuat dari karton atau plastik. Karena
itu media slide disebut film bingkai suara. Program slide disajikan dengan
slide projector yang dipadukan dengan suara yang menyertainya. Penyajian
program slide bersifat klasikal.
K arakteristik Media Slide
- Tahan
lama
- Guru
sebagai nara sumber dan operator
- Berwarna
dan bersuara sehingga menarik
- Dapat
ditampilkan berulang-ulang
Kelebihan media
slide antara lain. Kelemahan media slide antara lain.
- Pembuatan
memerlukan keterampilan khusus
- memerlukan
peralatan khusus (slide projector) dalam penyajiannya;
- perlu
ketelitian dalam penyiapan penyajiannya karena gambar sering keliru urutanya/tertukar
atau terbalik.
K arakteristik Media Video Media video atau
media audio visual yang menampilkan gerak saat ini semakin dikenal di kalangan
masyarakat. Media ini berupa rekaman pada pita magnetic melalui kamera video.
Meskipun media video hampir sama dengan media film dalam karakteristiknya,
tetapi tidak dapat menggantikan film karena baik video maupun film mempunyai
kelebihan dan kelemahannya. Out put pada saat ini dapat berupa video kaset, VCD
maupun DVD.
K arakteristik Media Video
- Mengutamakan
objek yang bergerak.
- Berwarna,
bersuara, dan didukung oleh efek suara maupun visual.
- Dapat
menyajikan animasi apabila perlu menyajikan suatu proses.
- Mudah
menyajikannya.
- Tidak
memerlukan ruang gelap
Kelebihan media
video antara lain. Kelemahan media video antara lain.
- Perlu
peralatan khusus untuk penyajiannya
- Perlu
tenaga listrik
- Perlu
kerja tim dan keahlian khusus dalam pembuatannya
K arakteristik CD Multimedia Interaktif
- Multimedia
berasal dari kata “multi” (banyak) dan “media”, sehingga mutimedia dapat
diartikan sebagai gabungan dari berbagai media.
- Program
pembelajaran terdiri dari berbagai media yang disusun secara utuh,
terintegrasi, dan mempunyai tujuan pembelajaran.
- Jenis
media antara lain: Teks/huruf, Audio, Video, Grafis, Animasi, Simulasi.
Pengertian:
K arakteristik CD Multimedia Interaktif
- Bersifat
fleksibel (dapat memilih materi maupun penggunaan waktu)
- Bersifat
self-pacing (kecepatan belajar tiap individu berbeda)
- Bersifat
content-rich (menyediakan informasi yang cukup banyak/ pengkayaan)
- Bersifat
interaktif (komunikasi dua arah, ada respon/feedback)
K arakteristik CD Multimedia Interaktif
- Interaktif
- Individual
- Fleksibel
- Cost
effectiveness
- Motivasi
- Umpan
balik
- game/simulasi
- Kontrol
ada pada pengguna
- Soal-soal
- Animasi,
video, musik, audio, ilustrasi, dll
Kelebihan CD
Multimedia Interaktif
K arakteristik CD Multimedia Interaktif
Kekurangan CD Multimedia Interaktif
- Hanya
akan berfungsi untuk hal-hal sebagaimana yang telah diprogramkan
- Memerlukan
peralatan (komputer) multimedia
- Perlu
kemampuan pengoperasian, untuk itu perlu ditambahkan petunjuk pemanfaatan
- Pengembangannya
memerlukan adanya tim yang profesional
- Pengembangannya
memerlukan waktu yang cukup lama
- Tidak
punya sentuhan manusiawi
K arakteristik Media Internet Media Internet
merupakan media komunikasi berupa data, gambar, teks, video, maupun suara
melalui jaringan komputer yang berskala internasional. Pengguna perlu memiliki
identitas khusus, misal alamat IP (internet protocol). Protokol adalah tata
cara jaringan berkomunikasi. Protokol ini, secara resmi dikenal sebagai TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol), merupakan cara standar untuk
mempaketkan dan mengalamatkan data komputer (sinyal elektronik) sehingga data
tersebut dapat dikirim ke komputer terdekat atau keliling dunia dan tiba dalam
waktu yang cepat tanpa rusak atau hilang.
K arakteristik Media Internet
- Berskala
internasional
- Mudah
untuk mengirim dan menerima data
- Individual
- Fleksibel
- Cost
effectiveness untuk informasi yang didapat
- Motivasi
- Mendapat
data berupa teks, video, audio, maupun gambar
Kelebihan media
internet Kekurangan media internet
- Perlu
listrik
- Perlu
jaringan khusus
- Lambat
mendapat informasi kalau pemakai banyak
Sumber:
Sudrajat,
Ahmad. 2007. Pemanfaatan Media
Pembelajaran. www.slideshare.net.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar