Kamis, 22 Maret 2012

Modul Kuliah Perpustakaan Sekolah BAB 5: LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH


BAB 5
LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH


A.     Layanan Referensi
Pelayanan referensi adalah pelayanan dalam menggunakan buku-buku referensi. Buku-buku referensi adalah buku yang dapat memberikan keterangan tentang topik perkataan, tempat, peristiwa, data statistik, pedoman, alamat, nama orang, riwayat orang-orang terkenal. Di perpustakaan biasanya buku-buku referensi dikumpulkan tersendiri dan disebut “koleksi referensi” sedangkan ruang tempat penyimpanannya disebut ruang referensi.
Buku-buku referensi yang karena sifatnya sebagai buku petunjuk, harus selalu tersedia di perpustakaan sehingga dapat dipakai oleh setiap orang pada setiap saat. Buku-buku referensi tidak boleh dipinjam atau dibawa pulang. Yang memerlukan harus dating dan membaca di perpustakaan. Buku referensi disebut juga buku rujukan atau acuan.
Jenis buku referensi
Jumlah serta jangkauan buku referensi sangatlah luas. Buku referensi dapat dibagi berdasarkan jenis, format, maupun kriteria lainnya. Contoh buku referensi adalah kamus, ensiklopedia, sumber biografi, buku tahunan, almanak, sumber geografis, direktori, sumber rujukan mutakhir, sumber statistik, buku panduan dan pedoman (manual), dan bibliografi. 
B.      Layanan Sirkulasi
Layanan sirkulasi adalah kegiatan melayani peminjaman dan pengembalian buku-buku perpustakaan sekolah. Tugas pokok bagian sirkulasi antara lain melayani murid-murid yang akan mengembalikan buku-buku yang telah dipinjam dan membuat statistik pengunjung.

1.      Peminjaman Buku
Dalam proses peminjaman buku di perpustakaan sekolah ada 2 sistem yang berbeda, yaitu sistem terbuka dan sistem tertutup.
a)      Sistem terbuka (open acces system)
Pada perpustakaan sekolah yang proses peminjamannya menggunakan sistem terbuka murid-murid diperbolehkan mencari dan mengambil sendiri buku-buku yang dibutuhkan. Jadi pada sistem ini murid-murid boleh masuk ke ruang buku, apabila akan pinjam maka buku yang telah ditemukan dibawa ke bagian sirkulasi untuk dicatat seperlunya.
b)      Sistem tertutup (closed acces system)
Pada perpustakaan sekolah yang proses peminjamannya menggunakan sistem tertutup, murid-murid tidak diperbolehkan mencari, mengambil sendiri buku-buku yang dibutuhkan, dan masuk ke ruang buku.
2.      Pengembalian Buku
Tugas yang kedua bagian sirkulasi adalah melayani murid-murid yang akan mengembalikan buku-buku yang telah dipinjam. Pada setiap perpustakaan tentu ada peraturan tentang lamanya peminjaman, misalnya satu atau dua minggu. Adakalanya murid-murid mengembalikan buku-buku yang telah dipinjamnya sebelum waktunya, ada pula yang tepat waktunya, bahkan terlambat.
      agar tidak terjadi kesalahpahaman, peminjam yang mengembalikan pinjamannya perlu mendapat tanda bukti tertulis. Bukti itu bisa berupa tanda tangan pada kartu anggota atau dalam bentuk tanda terima lain. Bagi perpustakaan sekolah yang sudah otomasi, maka perlu dibuat system yang betul-betul teliti, akurat, dan luwes.