ANALISIS CAKUPAN MATERI
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
UNTUK SMA KELAS X
SEMESTER 1
Kompetensi Dasar
|
Jenis
Materi
|
Cakupan
Materi
|
1.1 Menanggapi
siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
|
Fakta
|
fakta yang
terdapat pada siaran dari media elektronik
|
Konsep
|
pengertian
informasi, jenis-jenis informasi
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah untuk memahami siaran atau informasi
|
|
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/melalui rekaman
|
Fakta
|
-
|
Konsep
|
unsur intrinsik
sastra, unsur ekstrinsik sastra,
rekaman cerita
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah mengidentifikasi unsur sastra
|
|
2.1 Memperkenalkan
diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat
|
Fakta
|
informasi diri
|
Konsep
|
hal-hal yang perlu
diperkenalkan,
intonasi yang
tepat
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah memperkenalkan diri
|
|
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai
berita, artikel, atau buku)
|
Fakta
|
fakta yang
terdapat pada berbagai berita, artikel, atau buku
|
Konsep
|
berita,
artikel, atau buku
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah berdiskusi
|
|
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan
ekspresi yang tepat
|
Fakta
|
fakta yang terdapat pada
pengalaman pribadi
|
Konsep
|
pengalaman pribadi, pilihan kata
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
cara bercerita
|
|
3.1 Menemukan ide pokok
berbagai teks nonsastra dengan teknik
membaca cepat (250 kata/menit)
|
Fakta
|
fakta yang terdapat pada
teks nonsastra
|
Konsep
|
teks nonsastra, pengertian
membaca cepat,
hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam membaca cepat
|
|
Prinsip
|
rumus menghitung kecepatan
membaca
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah membaca cepat
|
|
3.2 Mengidentifikasi
ide teks nonsastra dari
berbagai sumber melalui teknik membaca
ekstensif
|
Fakta
|
fakta yang terdapat pada teks nonsastra
|
Konsep
|
ragam teks nonsastra
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah mengidentifikasi ide teks
nonsastra
|
|
4.1 Menulis
gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu
dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
|
Fakta
|
-
|
Konsep
|
bentuk paragraf naratif
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah menulis gagasan naratif
|
|
4.2 Menulis
hasil observasi dalam bentuk paragraf
deskriptif
|
Fakta
|
fakta yang terdapat dalam
hasil observasi
|
Konsep
|
hal-hal yang perlu diajukan
dalam observasi
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah observasi,
langkah-langkah menyusun hasil
observasi
|
|
4.3 Menulis
gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif
|
Fakta
|
-
|
Konsep
|
bentuk ragam
paragraf ekspositif
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah menulis gagasan
secara logis dan sistematis
|
|
5.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun
melalui rekaman
|
Fakta
|
-
|
Konsep
|
unsur intrinsik
puisi, unsur ekstrinsik puisi,
rekaman puisi
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah mengidentifikasi
puisi berdasarkan unsur puisi
|
|
5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang
disampaikan secara langsung ataupun
melalui rekaman
|
Fakta
|
-
|
Konsep
|
unsur-unsur yang terdapat dalam puisi,
rekaman
puisi
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah mengkritisi
puisi dan mengungkapkan isi puisi yang
disampaikan
|
|
6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita
pendek melalui
kegiatan diskusi
|
Fakta
|
hal yang menarik dari cerpen
|
Konsep
|
pengertian diskusi, diskusi adalah
kegiatan berbicara untuk menyampaikan pendapat melalui sarana bertukar
pikiran untuk menghadapi persoalan yang dihadapi. Dalam diskusi proses
interaksi terjadi antara dua orang atau lebih yang terlibat, contoh cerpen
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah untuk mengemukakan hal
yang menarik dalam cerpen
|
|
6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi
|
Fakta
|
nilai-nilai yang terdapat dalam cerita
pendek
|
Konsep
|
pengertian diskusi, macam-macam nilai
yang terkandung dalam cerita pendek, misalnya nilai agama, moral,
kemanusiaan, dan lain-lain, contoh cerpen
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah untuk menemukan nilai
yang terkandung dalam cerpen
|
|
7.1 Membacakan
puisi dengan
lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
|
Fakta
|
membacakan puisi
|
Konsep
|
cara membaca puisi dengan lafal, nada,
tekanan, dan intonasi yang tepat
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah untuk membaca puisi
dengan baik.
|
|
7.2 Menganalisis
keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
|
Fakta
|
cerita yang berasal dari kehidupan
sehari-hari
|
Konsep
|
macam-macam unsur intrinsik suatu
cerpen
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah menganalisis cerpen
|
|
8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait,
irama, dan rima
|
Fakta
|
-
|
Konsep
|
Pengertian puisi lama, bait, irama, dan
rima,
ciri-ciri puisi lama, jenis-jenis
puisi lama
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah menulis puisi lama
|
|
8.2 Menulis
puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
|
Fakta
|
-
|
Konsep
|
Pengertian puisi baru, bait, irama dan
rima
|
|
Prinsip
|
-
|
|
Prosedur
|
langkah-langkah menulis puisi baru
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar