Selasa, 21 Februari 2012

Contoh Laporan PPL Unnes

LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2
DI SMP NEGERI 3 BATANG














Disusun oleh :

Nama   : Annisa Citra Sparina

NIM     : 2101408034

Prodi    : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia





FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
TAHUN 2011


PENGESAHAN


Laporan PPL 2 ini telah disusun sesuai dengan pedoman PPL Unnes.
Hari                       :
Tanggal                 :    Oktober 2011


                             

Disahkan oleh :
                                                                                                                               
Koordinator Dosen Pembimbing,                               Kepala Sekolah,



Apik Budi S., M.Si.                                                    H. Kastomo, S.Pd.
NIP 19620904 198901 1 001                                     NIP 19570804 198102 1 003


Ka. Pusat Pengembangan PPL Unnes



Drs. Masugino, M.Pd
NIP 19520721 198012 1 001







KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya dan dengan disertai kerja keras penulis sehingga laporan Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2) ini dapat terselesaikan dengan baik.
Laporan PPL 2 ini disusun sebagai bukti keseriusan penulis dalam  melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di SMP Negeri 3 Batang. Laporan ini dapat tersusun dengan baik tidak luput dari bantuan, bimbingan dan pengarahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Prof. Dr. Sudijono Sastroatmojo, M.Si. selaku Rektor Universitas Negeri Semarang,
2.      H. Kastomo, S.Pd. selaku kepala SMP Negeri 3 Batang,
3.      Apik Budi S., M.Si. selaku koordinator dosen pembimbing yang telah sabar membimbing dan memberi pengarahan kepada para praktikan,
4.      S. Muktiningsih, S.Pd. selaku guru pamong yang selalu memberikan bimbingan terbaiknya,
5.      seluruh jajaran guru dan staf tata usaha SMP Negeri 3 Batang yang telah menerima para praktikan sebagai keluarga besar SMP Negeri 3 Batang,
6.      seluruh siswa SMP Negeri 3 Batang khususnya anak-anak kelas VIII D, E, dan F yang selalu memancarkan keceriaan, Ibu pasti merindukan kalian, serta
7.      rekan-rekan praktikan yang telah memberikan semangat.
Meskipun telah berusaha secara maksimal, penulis menyadari masih ada kekurangan dalam laporan ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca agar penulis dapat berkarya lebih baik lagi. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.


Batang,    Oktober 2011
    Penulis                        




DAFTAR ISI


HALAMAN  JUDUL …………………………………………..………………..i
HALAMAN PENGESAHAN …………………...……………..……………….ii
KATA PENGANTAR ……....…………………………………..……………….iii
DAFTAR ISI ………………………………………………….....………………iv
DAFTAR LAMPIRAN ....…………………………………….....…………….…v
BAB I    PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang ……........……………………….….…..….…............1
B.  Tujuan ………………........………………………..….………............2
C.  Manfaat .................................................................................................2
BAB II  LANDASAN TEORI ……………………………………….….….….....4
BAB III PELAKSANAAN
A.  Waktu dan Tempat ..........….………..….…....……..…….……..........8
B.  Tahapan Kegiatan ................….…......………………….….….….......8
C.  Materi Kegiatan .....................….......…………..……….…………...10
D.  Proses Pembimbingan ........................................................................10
E.   Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan PPL ......................10
F.   Refleksi Diri........................................................................................12
  LAMPIRAN ………………………………………………….....………………15

DAFTAR LAMPIRAN

1.                                          Refleksi Diri PPL 2
2.                                          Kalender Pendidikan
3.                                          Perhitungan Minggu dan Hari Efektif
4.                                          Perhitungan Jam Pelajaran
5.                                          Program Tahunan (Prota)
6.                                          Program Semester (Promes)
7.                                          Silabus
8.                                          Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
9.                                          Jadwal Pelajaran
10.                                      Daftar Hadir Praktikan
11.                                      Daftar Nilai
12.                                      Presensi PPL
13.                                      Rencana Kegiatan PPL
14.                                      Daftar Hadir Dosen Koordinator
15.                                      Daftar Hadir Dosen Pembimbing
16.                                      Kartu Bimbingan Praktik Mengajar
17.                                      Dokumentasi Kegiatan
 


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar belakang
Universitas Negeri Semarang sebagai lembaga pendidikan tinggi memiliki tugas dan fungsi utama, yaitu mendidik calon guru dan tenaga kependidikan yang profesional. Untuk mewujudkan hal tersebut, Unnes menyelenggarakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai salah satu upaya untuk mencetak dan menyiapkan calon guru dan tenaga pendidik yang handal dan profesional, serta berkompeten di bidangnya. PPL adalah program pendidikan yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa program kependidikan. PPL ditujukan untuk membina mahasiswa menjadi tenaga kependidikan yang profesional, bertanggung jawab, berdisiplin, mengetahui tata cara sebagaimana mestinya seorang guru. Untuk mencapai tujuan tersebut, mahasiswa telah dibekali dengan berbagai mata kuliah yang akan menunjang kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dan pengembangan profesionalismenya nanti dalam dunia kerja.
Mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan dan tenaga kependidikan yang didasarkan kompetensi dalam program kurikulum Unnes. Oleh karena itu, Praktik Pengalaman Lapangan wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Unnes yang mengambil Program Kependidikan.
Kegiatan PPL meliputi semua kegiatan kurikulum yang harus dilakukan oleh mahasiswa praktikan sebagai pelatihan untuk menerapkan teori yang diperoleh dalam perkuliahan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Dengan demikian, mahasiswa kependidikan sebagai calon guru memperoleh pengalaman secara langsung sehingga siap mengemban tugas, amanat, serta tanggung jawab sebagai seorang guru.
Untuk itulah sebagai sarana memperoleh pengalaman mengajar mahasiswa Unnes dari program kependidikan wajib mengikuti praktik pengalaman lapangan.

B.     Tujuan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk:
1.      Membentuk mahasiswa agar menjadi calon pendidik yang profesional sesuai prinsip-prinsip pendidikan berdasarkan kompetensi profesional, personal, dan kemasyarakatan.
2.      Memberikan bekal kepada mahasiswa program kependidikan sebagai calon guru agar memiliki pengalaman secara nyata tentang pengajaran di sekolah. Sehingga mahasiswa diharapkan memiliki seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang menunjang tercapainya penguasaan kompetensi profesional, personal, dan sosial.
3.      Melatih mahasiswa agar dapat melakukan tugas fungsional, yakni melakukan kegiatan pengajaran di kelas.

C.    Manfaat
Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua komponen yang terkait, yaitu mahasiswa (praktikan), sekolah latihan, dan perguruan tinggi yang bersangkutan.
1.    Manfaat bagi Praktikan
a.         Meningkatkan pemahaman praktikan terhadap model-model pembelajaran di kelas.
b.         Meningkatkan kemampuan dan pemahaman praktikan dalam penyusunan perangkat pembelajaran, seperti prota, promes, silabus, KKM, tabulasi dan RPP dengan bimbingan guru pamong.
c.    Melatih kemampuan praktikan dalam menerapkan ilmu yang diperoleh selama kuliah melalui proses pengajaran di kelas.
d.   Melatih cara berpikir praktikan dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah pendidikan yang ada di sekolah.
2.    Manfaat bagi Sekolah
a.       Mendapatkan informasi terbaru tentang dunia pendidikan yang telah diperoleh mahasiswa dari perkuliahan.
b.      Memperoleh pengetahuan mengenai metode-metode dan model-model pembelajaran terkini.
3.    Manfaat bagi Unnes
a.       Memperluas dan meningkatkan jaringan dan kerja sama dengan sekolah sebagai tempat latihan.
b.      Memperoleh informasi tentang kasus-kasus kependidikan di sekolah sebagai bahan pengembangan penelitian.
c.       Memperoleh masukan tentang perkembangan pelaksanakaan PPL, sehingga kurikulum, metode, dan pengelolaan proses belajar mengajar dapat disesuaikan dengan tuntutan yang ada di lapangan.

BAB II
LANDASAN TEORI


A.    Dasar  Hukum
Pelaksanaan PPL 2 ini mempunyai dasar hukum sebagai landasan pelaksanaan, yaitu:
1.       Undang-undang RI:
a.       Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4301);
b.      Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara RI Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4586);
2.       Peraturan Pemerintah:
a.       Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2010 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5105);
b.      Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4496);
3.       Keputusan Presiden:
a.       Nomor 271 Tahun 1965 tentang Pengesahan Pendirian IKIP Semarang;
b.      Nomor 124 Tahun 1999 tentang Perubahan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang, Bandung, dan Medan menjadi Universitas;
4.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional 59 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Semarang;
5.      Keputusan Menteri Pendidikan Nasional:
a.       Nomor 234/U/2000 tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi;
b.      Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa;
6.      Peraturan Rektor Univeristas Negeri Semarang Nomor 17 tahun 2011 tentang Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan Bagi Mahasiswa Program Kependidikan Universitas Negeri Semarang.
7.      Keputusan Rektor:
a.       Nomor 46/O/2001 tentang Jurusan dan Program Studi di Lingkungan Fakultas serta Program Studi pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang;
b.      Nomor 162/O/2004 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Universitas Negeri Semarang;
c.       Nomor 163/O/2004 tentang Pedoman Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Semarang;

B.     Dasar Implementasi
Pembentukan dan pengembangan kompetensi seorang guru sebagai usaha untuk menunjang keberhasilan dalam menjalankan profesinya sangat diperlukan, mengingat guru adalah pendidik yang harus dapat melaksanakan proses belajar mengajar secara profesional dan bertanggung jawab.
Oleh karena itu, diperlukan suatu kegiatan yang dapat menunjang keberhasilan kompetensi tersebut. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat memenuhi tuntutan tersebut ialah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), dalam hal ini PPL 2 sebagai tindak lanjut dari kegiatan orientasi sekolah latihan pada PPL 1.
Praktik Pengalaman Lapangan ini dilaksanakan dalam mempersiapkan tenaga pendidik yang profesional sebagai guru pengajar dan pembimbing atau konselor. Praktik Pengalaman Lapangan ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti mahasiswa kependidikan yang diselenggrakan dalam rangka menerapkan keterampilan dan berbagai ilmu pengetahuan yang telah diperoleh. Di samping itu, melalui kegiatan PPL, mahasiswa akan memperoleh pengalaman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran secara terpadu di sekolah. Dalam kegiatan PPL, mahasiswa praktikan bertindak sebagai guru di sekolah, yaitu melakukan praktik mengajar, praktik adminitrasi, praktik bimbingan, serta kegiatan pendidikan lain yang bersifat kokurikuler dan ekstrakurikuler yang ada di sekolah maupun masyarakat.
Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan di sekolah, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan wawasan, pengetahuan, keterampilan, serta sikap dalam melakukan tugasnya sebagai seorang guru yang profesional, baik dalam bidang studi yang digelutinya maupun dalam pelayanan bimbingan dan konseling terhadap siswa di sekolah. Selain itu, mahasiswa dapat meningkatkan nilai positif dan pengembangan diri dalam bermasyarakat.
Untuk itu, Praktik Pengalaman Lapangan yang diselenggarakan di sekolah diharapkan benar-benar dapat memberi bekal keterampilan kepada setiap mahasiswa yang akan sangat berguna dan mendukung pekerjaannya sebagai guru yang profesional. 

C.    Dasar Konseptual
a.       Tenaga kependidikan terdapat di jalur pendidikan sekolah dan di jalur pendidikan luar sekolah.
b.      Unnes sebagai institusi pendidikan bertugas menyiapkan tenaga kependidikan yang terdiri atas tenaga pembimbing, tenaga pengajar, dan tenaga pelatih.
c.       Tenaga pembimbing adalah tenaga pendidik yang tugas utamanya membimbing peserta didik.
d.      Tenaga pengajar adalah tenaga pendidik yang bertugas untuk mengajar dan mendidik peserta didik.
e.       Tenaga pelatih adalah tenaga pendidik yang bertugas untuk melatih peserta didik.
f.       Untuk memperoleh kompetensi sebagai tenaga pembimbing, tenaga pengajar, dan tenaga pelatih, para mahasiswa calon pendidik wajib mengikuti proses pembentukan kompetensi melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
     



BAB III
PELAKSANAAN

A.    Waktu dan Tempat
Praktik Pengalaman Lapangan 2 (PPL 2) dilaksanakan setelah PPL 1, yaitu pada tanggal 7 September 2011 sampai dengan 26 Oktober 2011 atau selama lebih kurang dua bulan disekolah latihan SMP Negeri 3 Batang. Sekolah ini berlokasi di Jalan Ki Mangunsarkoro Nomor 6 Batang Telepon (0285) 391422 Faksimile (0285) 391422 Kode Pos 51211 Batang.

B.     Tahapan Kegiatan
Program Praktik Pengalaman Lapangan ini meliputi semua kegiatan mulai dari pembekalan sampai penarikan mahasiswa dari sekolah latihan. Berikut ini urutan atau tahapan kegiatan yang dilaksanakan praktikan selama PPL.
  1. Pembekalan microteaching di masing-masing jurusan dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan tanggal 29 Juli 2011
  2. Pembekalan PPL dari Tim Pengembangan PPL Unnes pada tanggal 3 sampai dengan tanggal 5 Agustus 2011.
  3. Upacara penerjunan di lapangan Rektorat Universitas Negeri Semarang yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2010.
  4. Penerimaan mahasiswa praktikan di SMP Negeri 3 Batang pada tanggal 9 Agustus 2011.
  5. Pelaksanaan PPL 1 pada tanggal 9 sampai dengan tanggal 23 Agustus 2011.
Kegiatan yang dilakukan pada program PPL 1 antara lain observasi mengenai kondisi fisik sekolah, struktur organisasi sekolah, sistem administrasi sekolah, dan bentuk kurikulum sekolah. Selain itu, praktikan juga melakukan observasi mengenai proses KBM di kelas dengan cara mengamati guru mengajar, dilanjutkan dengan merancang perangkat mengajar, seperti prota, promes, silabus, RPP, dan sebagainya dengan bimbingan guru pamong.
6.      Kegiatan praktik mengajar (pengajaran mandiri) yang dilaksanakan mulai tanggal 7 September 2011 sampai minggu terakhir PPL 2.
  1. Tugas keguruan, yaitu kegiatan-kegiatan selain mengajar yang telah terjadwal, antara lain:
a.    Berperan serta dalam pelaksanaan kegiatan selama bulan Ramadhan.
b.    Berperan serta dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka.
c.    Melaksanakan piket harian.
d.   Melaksanakan kegiatan pembiasaan yaitu bersalaman, kegiatan rohani tadarus Al Quran, dan kegiatan Jumat sehat.
e.    Berperan serta dalam persiapan rapat pleno komite sekolah.
f.     Berperan serta dalam pelaksanaan Ujian Tengah Semester.
g.    Menjadi petugas upacara bendera tanggal 17 Oktober 2011.
h.    Berperan serta dalam kegiatan-kegiatan lain yang menunjang profesi seorang guru.
8.      Pelaksanaan Ujian Program Mengajar (Ujian PPL)
Ujian praktik mengajar ini dinilai oleh guru pamong dan dosen pembimbing dengan melihat secara langsung ketika praktikan melaksanakan proses belajar mengajar di kelas.
  1. Proses konsultasi dan bimbingan dengan guru pamong mengenai masalah-masalah yang dihadapi praktikan selama kegiatan PPL yang dilaksanakan setiap saat.
  2. Penyusunan Laporan PPL
Penyusunan laporan akhir PPL 2 dilaksanakan pada minggu terakhir PPL 2. Dalam penyusunan laporan PPL 2 ini, praktikan mengonsultasikan hasil laporan pada guru pamong untuk mendapatkan masukan-masukan tentang isi laporan tersebut.
  1. Penarikan mahasiswa dari sekolah latihan (SMP Negeri 3 Batang) oleh dosen koordinator PPL pada tanggal 24 Oktober 2011.

C.    Materi Kegiatan
Materi kegiatan dalam PPL 2 ini adalah:
1.    Membuat perangkat pembelajaran atas bimbingan guru pamong.
2.    Melaksanakan praktik mengajar atas bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing.
3.    Mengikuti kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler sekolah.

D.    Proses Pembimbingan
1.    Bimbingan dengan guru pamong tentang kegiatan pembelajaran di kelas dilakukan setiap saat. Hal-hal yang dikoordinasikan meliputi penentuan bahan dan materi untuk mengajar, pembuatan RPP, analisis nilai, penentuan KKM, sistem penilaian, penggunaan metode pembelajaran, perkembangan dan keadaan siswa, dan hal- hal lain yang berhubungan dengan tugas-tugas keguruan.
Sebelum mengajar, praktikan diberi tugas untuk menyusun rencana    pelaksanaan  pembelajaran, oleh guru pamong. Setelah RPP disetujui oleh guru pamong, praktikan diijinkan untuk mengajar di lapangan di bawah bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing. Setelah selesai mengajar di lapangan, diadakan evaluasi tentang pelaksanaan pengajaran tersebut, baik oleh guru pamong maupun dosen pembimbing.
2.    Bimbingan dengan dosen pembimbing dilakukan setiap dosen pembimbing datang ke sekolah latihan. Hal-hal yang dikoordinasikan antara lain materi yang diajarkan, sistem pengajaran yang baik, kesulitan-kesulitan selama PPL di sekolah latihan, serta pemecahan masalah yang menghambat selama PPL di sekolah latihan.

E.     Hal- Hal yang Mendukung dan Menghambat Pelaksanaan PPL     
1.     Hal-Hal yang Mendukung
a.    Bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing yang senantiasa diberikan kepada praktikan sehingga praktikan memperoleh banyak masukan dan pengarahan tentang bagaimana menjadi guru yang profesional.
b.    Hubungan yang baik antara praktikan dengan siswa-siswi di SMP Negeri 3 Batang sehingga praktik mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, praktikan dapat belajar memahami karakteristik siswa serta dapat memberikan kesan yang baik bagi para siswa.
c.    Dukungan dan jalinan kerja sama yang baik antara praktikan dengan berbagai pihak di sekolah, seperti kepala sekolah, para guru, serta seluruh karyawan yang ada di SMP Negeri 3 Batang sangat membantu praktikan dalam memperoleh informasi sebagai pengalaman dan data yang dibutuhkan demi kelancaran pelaksanaan PPL. Selain itu, komunikasi yang baik juga dapat mengembangkan kemampuan diri praktikan dalam bersikap dan bersosialisasi secara baik dengan seluruh elemen sekolah.
d.   Fasilitas sekolah yang sudah memadai, sehingga dapat menciptakan  proses belajar mengajar yang kondusif.
2.      Hal-hal yang Menghambat
a.    Ruangan sekretariat mahasiswa PPL yang terpisah dengan kantor guru sehingga sulit melakukan komunikasi.
b.    Adanya perampingan jumlah kelas menyebabkan siswa pindahan kurang nyaman belajar dan sulit beradaptasi dengan lingkungan barunya.
c.    Sering berubahnya jadwal sehingga guru harus selalu menyesuaikan jadwal mengajar.



BAB IV
PENUTUP


A.    Simpulan
Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan selama PPL ini, praktikan dapat menyimpulkan beberapa hal, yaitu:
1.      Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Unnes dalam rangka mencetak mahasiswa sebagai calon guru yang profesional.
2.      Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 2 dilaksanakan setelah pelaksanaan PPL 1 sampai  tanggal 26 Oktober 2011.
3.      Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 2 dilaksanakan di SMP Negeri 3 Batang.
4.      Hal-hal yang mendukung dan menghambat selama kegiatan PPL dapat digunakan sebagai alat evaluasi dan koreksi bagi mahasiswa agar menjadi guru yang profesional maupun oleh pihak sekolah sebagai masukan kepada sekolah untuk menjadi lebih baik lagi.

B.     Saran
Setelah melaksanakan PPL 2 ini, saran yang dapat praktikan sampaikan adalah:
1.      Praktikan harus lebih meningkatkan komunikasi dan menyesuaikan diri secara baik dengan lingkungan sekolah agar dapat melakukan tugas-tugasnya dengan baik.
2.      Guru hendaknya lebih menigkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
3.      Siswa harus lebih meningkatkan semangat belajar dan meningkatkan prestasi yang bisa membawa nama harus sekolah.
4.      SMP Negeri 1 Batang diharapkan bersedia bekerja sama dan menjadi mitra dengan Unnes untuk tahun-tahun yang akan datang.
5.      Rekan-rekan mahasiswa PPL hendaknya lebih meningkatkan koordinasi dan kerja sama sehingga apa yang direncanakan bersama untuk menyukseskan kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik.