Sabtu, 14 September 2013

Orang Bilang Apalah Arti Sebuah Nama



Orang Bilang Apalah Arti Sebuah Nama

Sekolah tempat kerja yang baru, bertemu murid yang baru. Tahun ajaran baru, bertemu murid yang baru juga. Banyak murid datang dan pergi silih berganti. Hal ini menyebabkan beberapa guru menjadi kurang hafal dengan murid-muridnya.
Banyak orang bilang ‘apalah arti sebuah nama’.  Namun menurut beberapa guru, menghafal nama setiap murid adalah salah satu nilai lebih baginya. Saya termasuk sependapat dengan hal tersebut.
Ingin mendapatkan nilai lebih tersebut, saya berusaha keras untuk menghafal dan mengenali setiap anak didik saya. Ternyata melakukan pekarjaan ini bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu lama untuk menghafal nama-nama mereka yang susah dieja dan asing di telinga. Ditambah lagi nama sapaan yang jauh berbeda dengan nama asli mereka.
Setengah mati saya mengucapkan nama mereka ketika mengecek kehadiran siswa. Lidah saya sering terpeleset untuk mengucapkan nama-nama yang asing bagi saya. Lihat saja beberapa nama dalam gambar ini.


Tak hanya itu, ada yang membuat saya lebih bingung lagi. Banyak dari mereka mempunyai nama panggilan yang jauh berbeda dengan nama panjang mereka. Sebagai contoh nih:
Maria Oktaviani Dawung, panggilan Olva. Wasenslaus Janu panggilan Rensis. Susana Dawut panggilan Santi. Dionisius Afri Amboi panggilan Adven.
Nah lho… Bingung kan? Padahal menurut saya panggilan Okta, Janu, Susan dan Afri lebih nyambung sebagai nama panggilan mereka. Entahlah, mungkin di balik nama panggilan yang mereka pilih itu mempunyai makna lain.
Untuk mengatasi kesulitan saya ini, saya mempunyai catatan tersendiri untuk menulis nama lengkap mereka beserta nama panggilannya. Bahkan karena takut salah, seringkali saya mengabsen mereka hanya dengan menyebut nama panggilan. Cara ini sebenarnya saya gunakan untuk mengelabuhi bahwa lidah saya yang sering terpeleset apalagi mengucapkan nama-nama yang bagi saya mirip nama orang luar negeri. Hhe…
Awalnya merasa kewalahan, namun lama-lama wajah, nama, beserta sapaan mereka bisa melekat juga di hati dan pikiran saya. Lama kelamaan juga saya tidak canggung untuk menyebutkan nama lengkap mereka.