Tabel Perbandingan Sebuah Kompetensi Dasar 
pada Dua Buah Buku Pelajaran
| 
Aspek | 
Buku 1* | 
Buku 2** | 
| 
Isi | 
Isi materi buku 1 sudah sesuai
  dengan KD yang harus ditempuh siswa.  Namun buku 1 tidak mencantumkan pokok-pokok
  informasi yang diperlukan untuk memenuhi KD secara lengkap. Pada buku 1 tidak
  dicantumkan cara menghitung kecepatan membaca dan faktor penghambat kecepatan
  membaca.  | 
Isi materi buku 2 sudah sesuai
  dengan KD yang harus ditempuh siswa.  Sama halnya dengan buku 1, buku 2 tidak
  mencantumkan pokok-pokok informasi yang diperlukan untuk memenuhi KD secara
  lengkap. Pada buku 2 tidak dicantumkan langkah-langkah dasar membaca cepat
  dan hal yang perlu dilakukan agar berhasil dalam membaca.  | 
| 
Penyajian | 
Pemaparan materi, latihan, dan
  uji kompetensi sudah  tersusun secara
  runtut | 
Pemaparan materi, latihan, dan
  uji kompetensi sudah tersusun secara runtut | 
| 
Bahasa dan ketebahasaan | 
Cukup jelas, kalimat tersusun
  menjadi paragraf yang koheren. | 
Cukup jelas, kalimat tersusun
  menjadi paragraf yang koheren. | 
| 
Grafika | 
Kurang begitu menarik, namun
  sudah menggunakan simbol yang berbeda untuk setiap  kegiatan yang berbeda. | 
Tesusun dengan grafik yang cukup
  menarik dan menggunakan simbol-simbol yang berbeda untuk kegiatan yang
  berbeda. | 
| 
Wawasan | 
Teks bacaan yang terdapat dalam buku
  1 dapat digolongkan layak, bahasa yang digunakanpun santun. Selain itu, teks
  bacaan tersebut tidak mengancam kebhinekaan dan integrasi bangsa. | 
Teks bacaan yang terdapat dalam
  buku 2 dapat digolongkan layak, bahasa yang digunakanpun santun. Selain itu,
  teks bacaan tersebut tidak mengancam kebhinekaan dan integrasi bangsa. | 
Simpulan:
Secara umum buku 1 dan buku 2
tidak jauh berbeda.  Justru isi materi
pada buku 1 dan buku 2 saling melengkapi. Jadi, kepada para guru hendaknya
tidak hanya berpedoman pada salah satu buku saja, namun memadukan berbagai
sumber belajar mengajar demi mendapatkan kompetensi siswa secara maksimal.
*  Cakap
Berbahasa Indonesia Kelas VII untuk SMP/ MTs, Penulis Anton Suparyanta dkk.,
Penerbit Intan Pariwara
**Bahasa Indonesia untuk SMP/ MTs Kelas VII,
Penulis Atika Anindyarini dan Sri Ningsih, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar