Kamis, 22 Maret 2012

Tabel Perbandingan Sebuah Kompetensi Dasar pada Dua Buah Buku Pelajaran


Tabel Perbandingan Sebuah Kompetensi Dasar
pada Dua Buah Buku Pelajaran

Aspek
Buku 1*
Buku 2**
Isi
Isi materi buku 1 sudah sesuai dengan KD yang harus ditempuh siswa.  Namun buku 1 tidak mencantumkan pokok-pokok informasi yang diperlukan untuk memenuhi KD secara lengkap. Pada buku 1 tidak dicantumkan cara menghitung kecepatan membaca dan faktor penghambat kecepatan membaca.
Isi materi buku 2 sudah sesuai dengan KD yang harus ditempuh siswa.  Sama halnya dengan buku 1, buku 2 tidak mencantumkan pokok-pokok informasi yang diperlukan untuk memenuhi KD secara lengkap. Pada buku 2 tidak dicantumkan langkah-langkah dasar membaca cepat dan hal yang perlu dilakukan agar berhasil dalam membaca.
Penyajian
Pemaparan materi, latihan, dan uji kompetensi sudah  tersusun secara runtut
Pemaparan materi, latihan, dan uji kompetensi sudah tersusun secara runtut
Bahasa dan ketebahasaan
Cukup jelas, kalimat tersusun menjadi paragraf yang koheren.
Cukup jelas, kalimat tersusun menjadi paragraf yang koheren.
Grafika
Kurang begitu menarik, namun sudah menggunakan simbol yang berbeda untuk setiap  kegiatan yang berbeda.
Tesusun dengan grafik yang cukup menarik dan menggunakan simbol-simbol yang berbeda untuk kegiatan yang berbeda.

Wawasan
Teks bacaan yang terdapat dalam buku 1 dapat digolongkan layak, bahasa yang digunakanpun santun. Selain itu, teks bacaan tersebut tidak mengancam kebhinekaan dan integrasi bangsa.
Teks bacaan yang terdapat dalam buku 2 dapat digolongkan layak, bahasa yang digunakanpun santun. Selain itu, teks bacaan tersebut tidak mengancam kebhinekaan dan integrasi bangsa.


Simpulan:
Secara umum buku 1 dan buku 2 tidak jauh berbeda.  Justru isi materi pada buku 1 dan buku 2 saling melengkapi. Jadi, kepada para guru hendaknya tidak hanya berpedoman pada salah satu buku saja, namun memadukan berbagai sumber belajar mengajar demi mendapatkan kompetensi siswa secara maksimal.










*  Cakap Berbahasa Indonesia Kelas VII untuk SMP/ MTs, Penulis Anton Suparyanta dkk., Penerbit Intan Pariwara
**Bahasa Indonesia untuk SMP/ MTs Kelas VII, Penulis Atika Anindyarini dan Sri Ningsih, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional