BAB
1
KONSEP
PERPUSTAKAAN SEKOLAH
A. Pendahuluan
Perpustakaan sekolah
mempunyai arti penting bagi keberhasilan pendidikan, karena perpustakaan
sekolah merupakan sarana penunjang kegiatan belajar siswa. Salah besar bila suatu lembaga pendidikan seperti halnya sekolah,
tidak mengedepankan perpustakaan.
Sering disebutkan bahwa
perpustakaan merupakan jantungnya lembaga pendidikan, namun demikian masih ada
beberapa lembaga pendidikan yang kurang respek terhadap perpustakaan. Ada juga
yang beranggapan bahwa perpustakaan hanya merupakan tempat untuk menyimpan
buku-buku. Hal tersebut terjadi karena kurangnya
pemahaman akan arti penting sebuah
perpustakaan. Dan masih banyak pula lembaga pendidikan yang kurang
memperhatikan perpustakaannya, dikarenakan perpustakaan menyerap banyak dana
dan sama sekali tidak menghasilakan pendapatan secara finansial. Selain itu masih banyak pula perpustakaan yang
dikelola/ditangani oleh tenaga yang tidak menguasai perpustakaan (kalau tidak
boleh dikatakan tenaga seadanya). Padahal tidak demikian, karena perpustakaan
harus selalu meng-update
informasi-informasi baru dan menyebarluaskan kepada penggunanya, sehingga
perpustakaan perlu untuk dikelola dengan sungguh-sungguh dan ditangani oleh
tenaga yang profesional dibidangnya.
Bila memperhitungkan
untung dan rugi, sebenarnya secara materi perpustakaan sekolah sangat
menguntungkan bagi siswa, karena siswa tidak terbebani untuk membeli buku-buku
yang diperlukan untuk memperkaya pengetahuannya. Sedangkan keuntungan buat guru
adalah meringankan beban mencarikan literatur-literatur yang diperlukan siswa
untuk pengayaan mata pelajaran yang diberikannya. Semua itu dapat diatasi
dengan adanya perpustakaan sekolah yang benar-benar dikelola dengan baik dan
benar sebagaimana perpustakaan-perpustakaan sekolah di negara maju.
Perpustakaan adalah salah
satu sumber belajar yang penting, tetapi bukan satu-satunya. Perpustakaan
memungkinkan para tenaga pendidik, dan para peserta didik/murid memperoleh
kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan
pustaka yang mengandung ilmu pengetahuan yang diperlukan.
Perpustakaan dapat
diartikan sebagai suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang
menghimpun, mengelola bahan-bahan pustaka, baik itu berupa buku-buku maupun bukan
berupa buku yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga
dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh pemakainya.
B. Hakekat
Salah satu ciri
perpustakaan adalah adanya bahan pustaka atau sering juga disebut koleksi
pustaka. Tetapi selain cirri tersebut ada beberapa ciri perpustakaan, yaitu
sebagai berikut:
1.
Perpustakaan merupakan suatu
unit kerja
2.
Perpustakaan mengelola sejumlah
bahan pustaka
3.
Perpustakaan harus digunakan
oleh pemakai
4.
Perpustakaan sebagai sumber
informasi
Perpustakaan sekolah pada hakekatnya adalah
sistem pengelolaan informasi oleh sumber daya manusia yang terdidik dalam
bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi. Dalam pengelolaan dan
pemanfaatan perpustakaan diperlukan gedung/ tata ruang, anggaran, sarana dan prasarana
yang memadai.
Perpustakaan
Sekolah menyediakan informasi dan ide yang merupakan fondasi agar berfungsi
secara baik di dalam masyarakat masa kini yang berbasis informasi dan
pengetahuan. Perpustakaan sekolah merupakan sarana bagi para murid agar terampil
belajar sepanjang hayat dan mampu mengembangkan daya pikir agar mereka dapat
hidup sebagai warga negara yang bertanggung jawab.
C. Arti dan Tujuan
Perpustakaan sekolah
merupakan bagian dari sekolah dan juga bagian dari perpustakaan secara umum. Perpustakaan
sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa yang memegang peranan sangat penting dalam memacu
tercapainya tujuan pendidikan di sekolah.
Perpustakaan Sekolah
adalah suatu perpustakaan yang berada di sekolah guna menunjang program belajar
mengajar di lembaga pendidikan baik Sekolah Dasar maupun Sekolah. Untuk
mengelola perpustakaan sekolah sebaiknya dilakukan
oleh seorang pustakawan, bilamana tidak ada bisa menunjuk guru yang dianggap mampu mengelola perpustakaan sekolah.
Tujuan perpustakaan sekolah merupakan bagian integral yang mendukung/ menunjang
proses belajar mengajar, maka dalam pengadaan bahan pustaka hendaknya
mempertimbangkan kurikulum sekolah serta selera para pembaca yang dalam hal ini
adalah murid-murid.
Keberadaan perpustakaan
sekolah yang representative dalam jangka panjang dimaksudkan untuk:
1.
Menumbuhkembangkan minat baca
tulis guru dan siswa
2.
Mengenalkan teknologi informasi
3.
Membiasakan akses informasi
secara mandiri
4.
Memupuk bakat dan minat
D. Fungsi dan Tata Kerja
Memang apabila ditinjau
secara umum, perpustakaan sekolah itu sebagai pusat belajar, sebab kegiatan
yang paling tampak pada setiap kunjungan murid-murid adalah belajar, baik
belajar masalah-masalah yang berhubungan langsung dengan mata pelajaran yang
diberikan di kelas, maupun buku-buku lain yang tidak ada hubungannya dengan
mata pelajaran. Tetapi tidak semua murid datang ke perpustakaan mempunyai
maksud untuk belajar melainkan untuk mencari informasi atau bahkan hanyak untuk
rekreasi. Beberapa fungsi perpustakaan sekolah antara lain:
a.
Fungsi Edukatif
Di perpustakaan sekolah
disediakan koleksi putaka berupa buku dan non buku, bahan pustaka tersebut
digunakan sebagai penunjang aktivitas sekolah sebagai proses pendidikan secara
mandiri. Adanya perpustakaan sekolah dapat meningkatkan interes membaca
murid-murid, sehingga teknik membaca semakin lama semakin dikuasai. Selain itu
perpustakaan sekolah dalam hal pengadaan bahan pustaka disesuaikan dengan
kurikulum sekolah, oleh sebab itu kiranya dapat kita katakan bahwa perpustakaan
sekolah itu memiliki fungsi edukatif.
b.
Tempat Belajar
Selain mencari buku untuk
penunjang belajar, murid-murid biasanya juga melakukan kegiatan berdiskusi di
perpustakaan sekolah. Hal ini sangat didukung karena selain belajar secara
mandiri, murid-murid juga gemar membahas satu atau beberapa mata pelajaran
bersama teman grup atau berdiskusi secara bersama dengan memanfaatkan buku perpustakaan sebagai
refgerensinya.
c.
Fungsi Penelitian/riset
Di perpustakaan telah
diketahui bahwa banyak terdapat bahan pustaka, murid-murid dan guru dapat
melakukan penelitian dengan mengumpulkan data atau keterangan yang diperlukan.
d.
Pemanfaatan teknologi informasi
Perpustakaan menyediakan
berbagai informasi yang meliputi bahan tercetak, terekam maupun koleksi lainnya
yang dapat dimanfaatkan. Dalam memperlancar proses belajar mengajar perlu
pemanfaatan teknologi informasi yang notabene perpustakaan sebagai media
aplikasi teknologi informasi dalam alih pengembangan ilmu pengetahuan.
Perpustakaan sekolah perlu menyediakan computer
berbasis internet, pangkalan data dalam
bentuk CD, penyediaan buku elektronik (e-books),
jurnal elektronik (e-journal),
ensiklopedi elektronik, dan lainnya.
e.
Fungsi Rekreasi
Perpustakaan berfungsi
sebagai tempat rekreasi bukan berarti secara fisik, tetapi secar psikologisnya.
Contohnya jika ada buku yang berjudul “Malang Kota Indah”, maka murid-murid
yang membacanya seakan-akan pergi ke sana karena dalam buku tersebut disajikan
gambar gedungnya, tempat hiburannya, tempat pariwisatanya dan sebagainya,
dimana murid-murid bisa membayangkan sedang berada di kota tersebut.
f.
Fungsi Informasi
Perpustakaan yang sudah
maju tidak hanya menyediakan bahan-bahan pustaka berupa buku, tetapi juga
menyediakan pustaka non buku, misalnya
majalah, bulletin, peta, globe surat kabar,
pamphlet dan dilengkapi dengan alat-alat pandang dengar misalnya berupa
overhead projector, slide projector, pita kaset, CD
dan lainnya. Semua ini akan memberikan keterangan atau informasi yang
dibutuhkan murid-murid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar