LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN BERTANYA DASAR
Nama
Calon/ Guru : Hari/
Tanggal :
Mata
Pelajaran : Sekolah :
Kompetensi
Dasar : Kelas :
No
|
Komponen
Keterampilan
|
Frekuensi
|
Komentar
|
1
|
Pengungkapan pertanyaan secara jelas
dan singkat
|
|
|
2
|
Pemberian acuan
|
|
|
3
|
Pemusatan
|
|
|
4
|
Pemindah gilir
|
|
|
5
|
Penyebaran:
-
ke seluruh kelas
-
respon siswa
|
|
|
6
|
Pemberian waktu berpikir
|
|
|
7
|
Pemberian tuntutan:
-
pengungkapan pertanyaan dengan
cara lain
-
pengulangan penjelasan sebelumnya
|
|
|
Pengamat,
.........................................
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN BERTANYA LANJUT
Nama
Calon/ Guru : Hari/
Tanggal :
Mata
Pelajaran : Sekolah :
Kompetensi
Dasar : Kelas :
No
|
Komponen
Keterampilan
|
Frekuensi
|
Komentar
|
1
|
Pengungkapan tuntutan tingkat kognitif
dalam menjawab pertanyaan:
i.
ingatan
ii.
pemahaman
iii.
aplikasi
iv.
analisis
v.
sintesis
vi.
evaluasi
|
|
|
2
|
Urutan pertanyaan
|
|
|
3
|
Pertanyaan pelacak:
a.
klasifikasi
b.
pemberian alasan
c.
kesepakatan
d.
ketepatan
e.
relevansi
f.
contoh
g.
jawaban komplek
|
|
|
4
|
Mendorong terjadinya interaksi
|
|
|
Pengamat,
.........................................
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN
Nama
Calon/ Guru : Hari/
Tanggal :
Mata
Pelajaran : Sekolah :
Kompetensi
Dasar : Kelas :
No
|
Komponen
Keterampilan
|
Ya
|
Tidak
|
Komentar
(tepat, tidak
tepat, dst)
|
1
|
Penguatan verbal:
a. Kata-kata
-
bagus
-
benar
-
tepat
b. Kalimat
-
pekerjaanmu baik sekali
-
saya senang dengan pekerjaanmu
-
pekerjaanmu makin lama makin baik
|
|
|
|
2
|
Penguatan nonverbal:
-
mimik/ gerak tubuh
-
mendekati
-
sentuhan
|
|
|
|
Pengamat,
.........................................
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI
Nama
Calon/ Guru : Hari/
Tanggal :
Mata
Pelajaran : Sekolah :
Kompetensi
Dasar : Kelas :
No
|
Komponen
Keterampilan
|
Komentar
|
1
|
Variasi dalam gaya mengajar
Suara: nada suara, volume suara,
kecepatan bicara
|
|
2
|
Mimik dan gerak: tangan dan badan,
untuk memperjelas pelajaran
|
|
3
|
Kesenyapan: memberikan waktu senyap/
hening dalam pembicaraan
|
|
4
|
Kontak pandang: melayangkan pandangan/
kontak pandang degan siswanya
|
|
5
|
Perubahan posisi: bergerak
|
|
6
|
Memusatkan: tekanan pada butir yang
penting
|
|
7
|
Variasi visual: dengan alat pelajaran
|
|
8
|
Variasi oral: suara/ rekaman
|
|
9
|
Variasi AVA
|
|
10
|
Variasi pola interaksi
|
|
Pengamat,
.........................................
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MENJELASKAN
Nama
Calon/ Guru : Hari/
Tanggal :
Mata
Pelajaran : Sekolah :
Kompetensi
Dasar : Kelas :
No
|
Komponen
Keterampilan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Kejelasan:
a.
menggunakan kalimat yang
berbelit-belit
b.
menghindari kata yang berlebihan
dan meragukan
|
|
|
2
|
Penggunaan contoh/ ilustrasi:
a.
penggunaan contoh-contoh
b.
contoh relevan dengan penjelasan
c.
contoh sesuai dengan kemampuan anak
|
|
|
3
|
Pengorganisasian:
a.
pola/ struktur sajian
b.
memberikan ikhtisar butir yang
penting
|
|
|
4
|
Penekanan pada yang penting
a.
dengan suara
b.
dengan cara mengulangi
c.
dengan gambar, demonstrasi
d.
dengan mimik, gerakan
|
|
|
5
|
Balikan:
Mengajukan pertanyaan
|
|
|
Pengamat,
.........................................
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN
Nama
Calon/ Guru : Hari/
Tanggal :
Mata
Pelajaran : Sekolah :
Kompetensi
Dasar : Kelas :
No
|
Komponen Keterampilan
|
Frekuensi
penggunaan
|
Membuka
pelajaran
|
||
1
|
Menarik perhatian siswa:
a.
gaya mengajar guru
b.
penggunaan alat bantu
c.
pola interaksi
|
|
2
|
Menimbulkan motivasi:
a.
kehangatan/ keantusiasan
b.
menimbulkan rasa ingin tahu
c.
mengemukakan ide
d.
memperhatikan minat siswa
|
|
3
|
Memberikan acuan:
a.
mengemukakan tujuan
b.
langkah-langkah
c.
mengajukan pertanyaan-pertanyaan
|
|
4
|
Membuat kaitan:
a.
membandingkan pengetahuan baru
dengan yang lama
b.
menjelaskan konsep sebelum bahan
dirinci
|
|
Menuutup
Pelajaran
|
||
5
|
Meninjau kembali: merngkum/ meringkas
|
|
6
|
Mengevaluasi: demonstrasi, dsb.
|
|
Pengamat,
.........................................
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK
Nama
Calon/ Guru : Hari/
Tanggal :
Mata
Pelajaran : Sekolah :
Kompetensi
Dasar : Kelas :
No
|
Komponen
Keterampilan
|
Komentar
|
1
|
Memusatkan perhatian:
a. merumuskan
tujuan
b. merumuskan
masalah
c. membuat
rangkuman
|
|
2
|
Memperjelas masalah dan urun pendapat:
a.
merangkum
b.
menggali
c.
menguraikan secara rinci
|
|
3
|
Menganalisis pandangan siswa:
a.
manandai persetujuan/
ketidaksetujuan
b.
meneliti alasannya
|
|
4
|
Meningkatkan urunan siswa
a.
menimbulkan pertanyaan
b.
menggunakan ontoh
c.
menunggu
d.
memberi dukungan
|
|
5
|
Menyebarkan kesempatan berpartisipasi:
a.
meneliti pandangan
b.
menghentikan monopoli
|
|
6
|
Menutup diskusi:
a.
merangkum
b.
menilai
|
|
Pengamat,
.........................................
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS
KOMPONEN PRAKARSA GURU
Nama
Calon/ Guru : Hari/
Tanggal :
Mata
Pelajaran : Sekolah :
Kompetensi
Dasar : Kelas :
No
|
Komponen
Keterampilan
|
Penggunaan
|
Komentar
|
1
|
Bersikap
tanggap:
-
memandang secara seksama
-
gerakan mendekati
-
teguran
|
|
|
2
|
Membagi
perhatian:
-
secara visual
-
secara verbal
-
visual-verbal
|
|
|
3
|
Memusatkan
perhatian kelompok:
-
menyiapkan
-
mengarahkan perhatian
-
menyusun komentar
|
|
|
4
|
Menuntut tanggung jawab siswa
-
menyusruh siswa lain mengawasi rekannya
-
menyuruh siswa menunjukkan pekerjaannya
|
|
|
5
|
Petunjuk yang jelas:
-
kepada seluruh kelas
-
kepada individu
|
|
|
Pengamat,
.........................................
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL
Nama
Calon/ Guru : Hari/
Tanggal :
Mata
Pelajaran : Sekolah :
Kompetensi
Dasar : Kelas :
No
|
Komponen
Keterampilan
|
Tanda V
|
1
|
Keterampilan
pengorganisasian:
-
memberikan motivasi
-
membuat variasi tugas
-
mengkoordinasi
-
membagi perhatian
-
menutup
|
|
2
|
Membimbing
dan memudahkan belajar:
-
memberi penguatan
-
supervisi proses awal
-
supervisi proses akhir
-
interaksi
|
|
3
|
Rencana
penggunaan:
-
ruangan
-
alat-alat
-
sumber
-
gerakan siswa
-
gerakan guru
|
|
4
|
Apakah tugas:
-
diarahkan dengan jelas?
-
menarik dan menantang?
-
memberikan kesempatan?
|
|
Pengamat,
.........................................
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MENGAJAR PERSEORANGAN
Nama
Calon/ Guru : Hari/
Tanggal :
Mata
Pelajaran : Sekolah :
Kompetensi
Dasar : Kelas :
No
|
Komponen
Keterampilan
|
Tanda V
|
1
|
Berkomunikasi
antarpribadi:
-
menunjukkan kehangatan
-
menunjukkan kepekaan
-
mendengarkan
-
merespons
-
mendukung
-
mengerti perasaan
-
menangani emosi siswa
|
|
2
|
Merencanakan
dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar:
-
menetapkan tujuan
-
merencanakan kegiatan
-
melaksanakan kegiatan
-
memberi nasihat
-
membantu menilai
|
|
3
|
Rencana:
-
kegiatan setiap orang
-
penyediaan alat
-
penyediaan sumber
-
cara membantu siswa
|
|
4
|
Cara pendekatan guru:
-
menyenangkan
-
menantang siswa berpikir
-
mendorong siswa berpendapat
-
mendorong siswa menyelesaikan tugas
|
|
Pengamat,
.........................................
LEMBAR PENGAMATAN
PENGAJARAN MIKRO
Nama
Calon/ Guru : Hari/
Tanggal :
Mata
Pelajaran : Sekolah :
Kompetensi Dasar : Kelas :
No
|
Aspek yang
diamati
|
Praktik ke-
|
Catatan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
I
|
Pelaksanaan Pembelajaran
|
|||||
A
|
Pendahuluan
|
|||||
|
1.
Pengkondisian/ penyiapan siswa
|
|
|
|
|
|
|
2.
Apersepsi
|
|
|
|
|
|
|
3.
Penyampaian tujuan
|
|
|
|
|
|
|
4.
Penyampaian deskripsi materi pokok
|
|
|
|
|
|
B
|
Inti
|
|||||
|
1.
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
|
|
2.
Urutan penyajian
|
|
|
|
|
|
|
3.
Pemberian penguatan
|
|
|
|
|
|
|
4.
Pengajuan pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
5.
Penggunaan variasi metode/ teknik
|
|
|
|
|
|
|
6.
Penggunaan media pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
7.
Cara menanggapi/ menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
8.
Pemberian contoh/ model
|
|
|
|
|
|
|
9.
Penataan lingkungan belajar
|
|
|
|
|
|
|
10.
Pola interaksi guru dan siswa
|
|
|
|
|
|
C
|
Penutup
|
|||||
|
1.
Penyampaian simpulan
|
|
|
|
|
|
|
2.
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
3.
Pelaksanaan penilaian
|
|
|
|
|
|
|
4.
Pemberian tindak lanjut
|
|
|
|
|
|
II
|
Penggunaan
Bahasa
|
|||||
|
1.
Kejelasan suara
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penggunaan bahasa yang baik dan benar
|
|
|
|
|
|
|
3.
Kelogisan tuturan lisa
|
|
|
|
|
|
|
4.
Kejelasan/ keterbacaan tulisan
|
|
|
|
|
|
III
|
Penampilan dan
Pemanfaatan Waktu
|
|||||
|
1.
Kewajaran penampilan/ pakaian dan berhias
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penampilan gerak tubuh yang menarik
|
|
|
|
|
|
|
3.
Pemanfaatan waktu
|
|
|
|
|
|
Pengamat,
.........................................
LEMBAR PENGAMATAN KOMPETENSI
KEPRIBADIAN
Nama
Calon/ Guru : Hari/
Tanggal :
Mata
Pelajaran : Sekolah :
Kompetensi Dasar : Kelas :
No
|
Aspek yang
diamati
|
Praktik ke-
|
Catatan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Kemantapan
untuk menjadi guru
|
|
|
|
|
|
2
|
Kestabilan
emosi dalam menanggapi persoalan kelas/ siswa
|
|
|
|
|
|
3
|
Kedewasaan
bersikap terhadap persoalan kelas/ siswa
|
|
|
|
|
|
4
|
Memiliki
kearifan dalam menyelesaikan persoalan kelas/ siswa
|
|
|
|
|
|
5
|
Kewibawaan
sebagai seorang guru
|
|
|
|
|
|
6
|
Sikap
keteladanan bagi peserta didik
|
|
|
|
|
|
7
|
Berakhlak
mulia bagi seorang guru
|
|
|
|
|
|
8
|
Kedisiplinan
dalam menjalankan tugas dan ketaatan terhadap tata tertib
|
|
|
|
|
|
9
|
Sopan
santun dalam pergaulan di sekolah/ kampus
|
|
|
|
|
|
10
|
Kejujuran
dan tanggung jawab
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
Pengamat,
.........................................
wahh, lengkap banget. sesuai dengan pengamatan yang aku mau.. izin copy kakak. makasi. salam kenal
BalasHapusGimana cara isi yg frekuensinya kak dalam bertanya
BalasHapus