Lembar
Pengamatan Pengajaran Mikro
No
|
Aspek yang
diamati
|
Praktik ke-
|
Catatan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
I
|
Pelaksanaan
Pembelajaran
|
|||||
A
|
Pendahuluan
|
|||||
|
1.
Pengkondisian/ penyiapan siswa
|
|
|
|
|
|
|
2.
Apersepsi
|
|
|
|
|
|
|
3.
Penyampaian tujuan
|
|
|
|
|
|
|
4.
Penyampaian deskripsi materi pokok
|
|
|
|
|
|
B
|
Inti
|
|||||
|
1.
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
|
|
2.
Urutan penyajian
|
|
|
|
|
|
|
3.
Pemberian penguatan
|
|
|
|
|
|
|
4.
Pengajuan pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
5.
Penggunaan variasi metode/ teknik
|
|
|
|
|
|
|
6.
Penggunaan media pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
7.
Cara menanggapi/ menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
8.
Pemberian contoh/ model
|
|
|
|
|
|
|
9.
Penataan lingkungan belajar
|
|
|
|
|
|
|
10.
Pola interaksi guru dan siswa
|
|
|
|
|
|
C
|
Penutup
|
|||||
|
1.
Penyampaian simpulan
|
|
|
|
|
|
|
2.
Refleksi
|
|
|
|
|
|
|
3.
Pelaksanaan penilaian
|
|
|
|
|
|
|
4.
Pemberian tindak lanjut
|
|
|
|
|
|
II
|
Penggunaan
Bahasa
|
|||||
|
1.
Kejelasan suara
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penggunaan bahasa yang baik dan benar
|
|
|
|
|
|
|
3.
Kelogisan tuturan lisa
|
|
|
|
|
|
|
4.
Kejelasan/ keterbacaan tulisan
|
|
|
|
|
|
III
|
Penampilan dan
Pemanfaatan Waktu
|
|||||
|
1.
Kewajaran penampilan/ pakaian dan berhias
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penampilan gerak tubuh yang menarik
|
|
|
|
|
|
|
3.
Pemanfaatan waktu
|
|
|
|
|
|
Lembar
Pengamatan Kompetensi Kepribadian
No
|
Aspek yang
diamati
|
Praktik ke-
|
Catatan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Kemantapan
untuk menjadi guru
|
|
|
|
|
|
2
|
Kestabilan
emosi dalam menanggapi persoalan kelas/ siswa
|
|
|
|
|
|
3
|
Kedewasaan
bersikap terhadap persoalan kelas/ siswa
|
|
|
|
|
|
4
|
Memiliki
kearifan dalam menyelesaikan persoalan kelas/ siswa
|
|
|
|
|
|
5
|
Kewibawaan
sebagai seorang guru
|
|
|
|
|
|
6
|
Sikap
keteladanan bagi peserta didik
|
|
|
|
|
|
7
|
Berakhlak
mulia bagi seorang guru
|
|
|
|
|
|
8
|
Kedisiplinan
dalam menjalankan tugas dan ketaatan terhadap tata tertib
|
|
|
|
|
|
9
|
Sopan
santun dalam pergaulan di sekolah/ kampus
|
|
|
|
|
|
10
|
Kejujuran
dan tanggung jawab
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar